Realias kehidupan banyak orang di setiap hari, adalah hanya mencoba melewati hari-harinya dengan berbaring di sofa sampai waktunya tidur dan melakukanya lagi di hari berikutnya.
Sebenarnya, bagi sebagian orang ini adalah rutinitas menyedihkan yang mengarah ke beberapa masalah baik emosional maupun fisik dan oleh karena itu, bisa meninggalkan sedikit kesempatan atau kemampuan menggunakan waktu untuk membuat rencana dalam mengubah situasi dan membuat perubahan yang positif. Jika tingkat stres yang anda alami sangat parah, bantuan dari seorang profesional mungkin di perlukan setelah mencoba salah satu pilihan berikut. Jika anda nantinya tidak yakin dengat tingkat stres yang anda alami, di anjurkan mencari dan mendengarkan nasihat dari dokter anda.
Namun jika anda sadar akan kenyataan bahwa anda perlu membuat beberapa perubahan dalam hidup untuk mengurangi jumlah stres yang anda alami, maka ada beberapa langkah mudah dijalankan yang dapat anda lakukan untuk mengendalikan hidup anda dan bisa kembali ke jalur hidup yang lebih positif dan sehat.
Di saat masalah datang bertubi-tubi dan dalam waktu bersamaan, hal ini memang sulit di selesaikan dalam situasi stres. Namun jika ini terjadi, maka di anjurkan mengambil langkah mundur dan melihat lealistis di kehidupan anda dan semua komitmen yang telah anda buat.
Kadang-kadang ini juga sangat membantu jika anda membuat dua kolom dalam satu halaman. Yang satu adalah jam dalam satu hari dan yang satunya adalah pencatatan semua komitmen anda dan jumlah waktu yang realistis yang terkait dengan masing-masing komitmen anda.
Banyak orang membuat tuntutan waktu dan sumber daya, dan kita hanya terus menumpuk pekerjaan dan selalu mengatakan YES tanpa benar-benar melihat apakah fisik kita mampu melakukanya. Kita hanya terlihat tidak mampu mengatakan NO. Ketika kita melakukan ini, kehidupan kita akan “molor” diluar kendali dan sulit mendapat pegangan.
Memiliki beberapa pekerjaan setengah selesai adalah gejala stres besar. Setelah barang-barang ini tidak selesai dan menggantung diatas kepala Anda adalah penyebab pasti yang membuat Anda stres, belum lagi perasaan bersalah dan kekurangan. Apakah ini tentang laporan pekerjaan anda atau mulai bersama dengan anak-anak anda, tidak menyelesaikan tugas adalah lebih buruk daripada memiliki daftar hal yang harus dilakukan.
Mulailah mengerjakan tugas dengan garis waktu yang realistis, sehingga anda memiliki kepuasan jika anda mengetahui bahwa anda telah menyelesaikan pekerjaan dan dapat pindah ke item berikutnya dengan pikiran yang fokus dan jernih.
Banyak orang yang menderita stres seringkali menjadi kwalahan, tapi tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki situasi. Untuk menjadi produktif dan menciptakan hasil yang kualitas diperlukan istirahat yang teratur. Program ponsel anda dengan pengingat otomatis, bangun sepuluh menit lebih pagi, keluar dengan jalan kaki, rubah pemandangan anda, bahkan jika anda lakukan setiap hari ketika berangkat ke kantor, anda akan merasakan perbedaan besar. Bila anda kembali melakukan tugas anda, anda akan merasa segar dan siap melakukan perspektif baru.
Seiring dengan penjadwalan waktu istirahat teratur di hari kerja anda, anda harus membuat jadwal makan dan jadwal tidur. Makan makanan sehat dan hidrasi yang cukup secara berkala akan membantu keseimbangan tubuh anda lebih efektif dalam mengelola stres anda. Dan juga, dengan berpegang pada waktu tidur dan bangun yang sama, tubuh anda terjamin akan berfungsi optimal. Anda harus rutin melakukan ini walaupun di akhir pekan ataupun di hari libur
Berpartisipasi dalam beberapa macam aktifitas fisik tiap hari juga dapat membantu anda mengatasi stres sehari-hari. Anda tidak harus bergabung dengan gym mewah ataupun kegiatan-kegiatan yang mengharuskan anda membayar mahal. Hanya dengan meluangkan waktu 20-30 menit setiap hari seperti jalan-jalan, bersepeda, atau cukup menggerakkan fisik saat melakukan pekerjaan rumah tangga anda.
Menurut para ahli kesehatan, Ketika tubuh kita mendetakkan jantung secara alami, tubuh kita akan melepaskan adrenalin yang sangat sehat. Setelah kita selesai berolah raga, jantung kita kembali normal dan tubuh kita kemudian merilis bahan kimia endorphin yang disebut Endorfin yaitu peredam stres alami. Semakin banyak berolahraga, tubuh anda semakin banyak melepaskan endorphin yang bisa mengurangi stres anda.
Dengan menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan beberapa saran di atas, tidak akan lama lagi anda akan melihat hasil yang positif. Setiap orang hanya mendapat satu kesempatan dalam hidup, jadi penting setiap hari melakukan hal yang positif dan bermanfaat. Ingat, tidak mungkin apa yang sudah hilang bisa di dapatkan kembali di akhir hayat, tapi di luar kekuasaan anda bisa membuat perubahan hari esok tidak sama seperti hari-hari sebelumnya.

Artikel Terkait