Ketika kita baru memulai bisnis di internet, mungkin kita akan mengalami 1001 macam kendala. Yang daganganya nggak laku, iklan yang nggak efektif, calon pelanggan yang ngga segera bayar dan masih banyak lagi tentunya

Namun ada satu hal yang bisa membuat kita bangkit dan terus berjalan walaupun banyak orang yang jatuh berguguran. yaitu menjaga diri agar kita tetap FOKUS, mau ACTION sesuai dengan rencana yang sudah kita buat

Iya, saya tahu...lalu bagaimana caranya?

Saya ngga bilang kalau cara ini sederhana, tapi sudah saya lakukan sejak seminggu yang lalu, dan hasilnya...cukup memuaskan. Paling tidak ada kemajuan pesat dari pada hari-hari sebelumnya (di sini saya ngga bilang jumlah profit lho ya?)

Ini artikel sebenarnya untuk diri saya sendiri, namun saya juga mengucapkan terima kasih jika bermanfaat buat orang lain. yuk mulai kita bahas bagaimana langkah-langkahnya

  • Langkah pertama, mengatur jam kerja. Buatlah jadwal yang jelas setiap hari, jam berapa dan berapa jam kita melakukan kerja. Saya tidak mengatakan kalau anda harus tepat waktu, entah pagi, siang atau malam dan harus berapa jam tiap hari, yang penting scedulenya jelas
  • Langkah kedua, tulis daftar rencana yang akan dilakukan. Ini akan membuat anda lebih fokus lagi tiap hari, kerjakan rencana-rencana yang sudah anda buat hingga benar-benar selesai. Jangan membuat rencana baru jika Anda belum menyelesaikan rencana sebelumnya, walaupun ada banyak ide yang bertaburan di kepala...tunda dulu!
  • Langkah ketiga, menetapkan ruang kerja. Ini juga sangat penting lho, misalnya begini. Sisihkanlah sebuah kamar untuk dijadikan ruang usaha. Walaupun ini terlihat "sepele", tapi dengan cara ini saya yakin anda akan merasa memiliki sebuah usaha yang nyata. "Kalau ngga ada kamar lagi?" sisihkan sedikit ruang sudut hanya untuk meletakkan komputer
Tiga lagkah ini saya rasa cukup untuk orang yang baru memulai bisnis di internet (seperti saya) tapi ada satu hal yang harus dingat, yakinlah esok hari anda akan mendapatkan manfaat besar jika tetap fokus bekerja

Itu aja dari saya, karena saya juga punya banyak kerjaan. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat saya pribadi dan orang lain yang ingin FOKUS memulai bisnis internet dan Just do it

Oh ya, saya mohon ijin untuk Pak Joko kalau gambarnya saya comot

Artikel Terkait