Setelah mengunjungi beberapa teman blogger lain yang memasang atribut doffollow, dan jika saya meninggalkan komentar pada blog mereka jelas saya merasa diuntungkan, tanpa harus mengajak tukar link, blog saya mendapatkan backlink gratis hanya dengan meninggalkan jejak berupa komentar

Setelah dipikir sepuluh kali, rasanya nggak adil kalo mereka mau mengunjungi balik ke blog saya... namun saya hanya menyuguhkan tulisan, itupun tulisan yang nggak berkualitas dan tanpa memberikan "kenang-kenangan" buat mereka untuk dibawa pulang. Untuk itu... mulai sekarang blog saya berstatus dofollow

Maksudnya Link dofollow adalah: sebuah link atau tautan balik yang akan dianggap berarti oleh search engine. Kalo link nofollow? itu berarti kebalikanya, tautan balik yang "tidak" dianggap penting oleh search engine. Maaf bukan maksud saya menggurui lho


Tulisan ini sebenarnya hanya mengumumkan kalo blognya mas Makrus Ali telah berstatus dofollow. jadi, jika sobat kok tiba-tiba nyasar ada di blog ini... tianggalkan aja komentar, tinggalkan aja jejak url blog agar blog sobat juga mendapatkan backlink dari blog ini. meskipun PR nya ngga seberapa, tapi hanya ini yang bisa saya berikan buat pengunjung

Satu lagi... kalo ingin comment ya comment asalkan jangan nyepam, nggak perlu komentar sampe 10X/hari, berkomentar yang sesuai dengan topik, pokok yang penting jangan bikin pemilik blog stress (bingung membalas setiap komentar), kalo mas topiknya nggak nyambung gimana? cukup "makasih mas", "salam kenal mas" gitu aja saya udah seneng kok

Oh ya hampir lupa, sekalian saya sampaikan disini, jika sobat suka dengan blogwalking yang "hanya" berharap dapat traffic balik dari si empunya, maka ada baiknya jika mau mengikuti traffic exchange yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu pada artikel: cara tukar traffic menggunakan trafficG, agar lebih jelas langsung ke TeKaPe aza


Namun, jika sobat berkomentar karena ingin menambah wawasan, menambah teman, promosi blog, mencari backlink dsb pokok yang bukan karena traffic semata, memang ada baiknya jika kita selalu meninggalkan jejak pada setiap blog yang kita datangi, agar dunia tau siapa sebenarnya Anda

Artikel Terkait