Jakarta - Kekerasan rumah tangga bukan hanya selalu tentang kekerasan fisik. Kekerasan finansial, kekerasal sosial sampai kekerasan seksual juga kerap terjadi dalam rumah tangga. Waspadai tanda-tandanya!

1. Kekerasan Verbal
salah satu tanda-tanda kekerasan verbal adalah pelaku seringkali mengkritik korbannya. Hal ini dilakukan tak hanya saat berdua tapi juga ketika di muka umum. Umumnya korban akan merasa tak berharga, selalu salah, dan memiliki percaya diri yang rendah.

2. Lebam dan Cidera
Ini adalah bentuk kekerasan yang tampak mata. Ketika ditanya, korban biasanya tidak mampu menjelaskan atau memberi alasan yang kurang masuk akal. Biasanya korban kerap menutupi cidera atau lebamnya dengan make-up, pakaian, atau perban.

3. Amarah yang Tak Terkendali
Pelaku biasanya menunjukkan amarah yang tak terkendali kepada korbannya. Umumnya pelaku mengancam akan menyakiti korban atau orang di sekitarnya. Korban biasanya dijadikan sumber kesalahan atau penyebab dari kemarahan itu. Kemarahan si pelaku, biasanya tak hanya membuat korban takut, tapi juga orang-orang lain yang dekat dengan mereka.

Sumber artikel:
http://www.wolipop.com/read/2010/05/22/130001/1362025/857/waspadai-kekerasan-rumah-tangga

Artikel Terkait